Warga Medan Bisa Naiki BRT Secara Gratis, Bagaimana Nasib Angkot di Medan?

adminenmoido

Tidak lama lagi warga Medan akan bisa menikmati moda transportasi massal. Untuk tahun pertama dipastikan masyarakat digratsikan menggunakan BRT (Bus Rapit Transit) pada 5 koridor yang telah ditetapkan.

Lantas bagaimana nasib angkutan kota (angkot) bersaing dengan BRT. Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Medan, Akhyar Nasution memastikan kehadiran BRT tidak akan mematikan atau menghilangkan pendapatan supir angkot.

Kata dia, pasar BRT dan angkot berbeda. Keduanya memiliki peran masing-masing. Oleh karena itu, ia meminta supir angkot untuk tidak risau dengan kehadiran BRT.

“Setelah BRT ini kita akan membangun interkoneksi antar moda sehingga warga masyarakat dari rumah ke tempat tujuan bisa sekali jalan tidak perlu pertukaran moda sekali aja,” ujar Akhyar usai uji coba operasional BRT di Terminal Amplas, Medan, Rabu (5/2/2020).

“Angkot akan jadi feeder atau pengumpan, tidak ada yang dirugikan. Kita rubah perilaku dari kendaraan pribadi jadi kendaraan umum, tanpa ini tidak akan berlaku BRT kita,” imbuhnya.

Meski gratis, kata dia, masyarakat yang nantinya akan menggunakan atau menaiki BRT harus memiliki e-money. Sebab, transaksi dilakukan dengan cara tersebut.

“Tiket gratis tahun pertama, tapi naik BRT harus pakai e-money, tapi tidak di cas biaya, tanpa e money tidak bisa masuk, tahun pertama sosialisasi gratis tapi bisa naik itu harus e-money. Ketika nanti diberlakukan tarif masyarakat sudah terbiasa melakukan,” paparnya.

Untuk tahap awal, lanjut Akhyar, ada 81 bus yang akan dipersiapkan untuk menjadi BRT di 5 koridor. Nantinya, penumpang hanya bisa naik dan turun di halte atau bus stop yang telah disediakan.

“Jumlahnya (halte) 400 titik, tapi ada yang tidak bisa dibangun halte jadi bus stop aja. Jenis bus 3/4 seperti ini, ada juga 3 suku ada bus besar, 19-18 seat, tidak padat. Head way 10 menit, jarak satu bus 10 menit, ketika low hour 15 menit. Tahap awal 81 unit bus untuk 5 koridor. Masyarakat menunggu paling lambat 10 menit,” jelasnya.

Sumber; medanbisnisdaily.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *