Tarif Tol Siap-Siap Naik, Biaya Logistik Membengkak?

adminenmoido

Badan Pengatur Jalan Tol mencatat setidaknya akan ada kenaikan tarif di 18 ruas tol tahun ini. Enam tol yang dioperasikan Jasa Marga ambil bagian. Penyesuaian tarif Tol Jakarta-Tangerang dan Jagorawi sudah diajukan Jasa Marga ke BPJT. Sisanya akan menyusul yakni pengajuan penyesuaian tarif untuk tol Palikanci, Balmera, Cawang-Tomang-Pluit, Dalam Kota Jakarta serta Surabaya-Gempol.

Sesuai regulasi penyesuaian tarif tol diperbolehkan setiap 2 tahun. Besaran kenaikannya mempertimbangkan inflasi. AVP Corporate Communication PT Jasa Marga Dwimawan Heru menegaskan penyesuaian tarif tol juga memperhitungkan kepentingan investor.

Para pengguna tol tentunya harus merogoh kocek lebih dalam. Khusus bagi kendaraan niaga biaya logistik pun bakal membengkak. Ekonom Indef, Ahmad Heri Firdaus mengingatkan jangan sampai biaya tol tak membebani pelaku usaha. Secara umum kinerja logistik Indonesia terus membaik. Tahun lalu peringkat Indonesia dalam Indeks Kinerja Logistik LPI versi Bank Dunia naik peringkat ke 46. Namun masih tertinggal dari Thailand, Vietnam dan Malaysia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *