Pengusaha Logistik Jabar Berharap Pelabuhan Patimban Segera Rampung

adminenmoido

Pengusaha dan pengemudi angkutan barang serta pelaku jasa logistik menyoroti Surat Edaran Kepala BPTJ nomor SE 5 Tahun 2019 tertanggal 08 Juli 2019 tentang Penggunaan Gerbang Tol Koja Barat untuk Kendaraan Golongan III , IV dan V. Pasalnya, angkutan barang yang dari arah Cilincing, Marunda dan sekitarnya yang tidak melakukan aktivitas di pelabuhan atau terminal peti kemas Tanjung Priok, harus menggunakan jalan tol yang melalui pintu masuk tol Koja Barat terhitung mulai tanggal 08 Juli 2019.

“Padahal ruas jalan tol dari pintu masuk Koja Barat ini terbilang cukup mahal bagi angkutan barang atau pelaku jasa logistik,” ujar Ketua Dewan Pengurus Wilayah Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia (DPW ALFI) Provinsi Jawa Barat M. Nuh dalam keterangan persnya, Selasa (9/7/2019).

Selain itu kendala yang dihadapi pengusaha logistik mengirim barang ke pelabuhan Tanjung Priok adalah kemacetan. Belum lagi kemacetan yang juga harus dihadapi di ruas jalan tol Jakarta – Cikampek

Hal itu merugikan pengusaha logistik. Ditambah lagi ada pembatasan jam truk barang untuk masuk jalan tol Jakarta – Cikampek antara jam 06.00 – 10.00 WIB dan masalah pelarangan masuk truk pada saat hari libur panjang dan Hari Raya.

“Bagi pelaku usaha industri manufaktur dan pelaku jasa logistik yang berada dalam lingkup kerja DPW Asosiasi Logistik dan Forwarder Indonesia Provinsi Jawa Barat merupakan tantangan berat serta menjadi hambatan utama untuk meningkatkan kelancaran arus ekspor barang yang melalui Pelabuhan Tanjung Priok. Karena saat ini tidak ada pilihan lain selain pelabuhan tersebut untuk kami yang berada di Jawa barat melakukan aktivitas perdagangan internasional ekspor dan impor,” beber Nuh.

Menurutnya, Provinsi Jawa Barat sangat berharap segera diwujudkannya pelabuhan Patimban sebagai alternatif atas akses pelabuhan untuk perdagangan internasional. “Hal itu diharapkan mampu menekan biaya produk unggulan ekspor dari wilayah Jawa Barat ke pasar global,” pungkasnya. (dai)

 

Sumber: https://indopos.co.id/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *