Over Tonase Jadi Sebab Tergulingnya Truk di Galian Underpass Kentungan

adminenmoido

PT Istaka Karya pelaksana pengerjaan proyek underpass Kentungan Sleman memastikan muatan truk yang melebihi tonase menjadi penyebab jatuh tergulingnya truk bermuatan kayu di galian underpass Kentungan, Sleman, Selasa (23/7/2019). Sebab dengan muatan yang overload menjadikan jalan yang dilalui, bukan hanya tidak mampu menahan beban di atasnya, namun juga longsor.

“Ya penyebabnya karena muatan truk berlebihan overload,” kata kepala divisi operasional PT Istaka Karya Wirawan di kantor proyek Underpass Kentungan, Sleman, Rabu (24/7/2019).

Mengenai lolosnya truk masuk jalan tersebut, meski sudah ada larangan, menurut Wirawan sebenarnya sudah ada yang menjaga dan mengarahkan agar truk, bus dan kendaraan berat tidak melewati jalan itu. Hanya saja dengan alasan jika memutar jaraknya bertambah jauh, seringkali sopir memaksa untuk terus.

Karena itu agar kejadian yang sama tidak terulang lagi, pihaknya akan melakukan mengecek dan memperbaiki sistem pengamanan yang ada. Termasuk masih melakukan investigasi. “Soal adanya pelanggaran itu menjadi domain kepolisian,” paparnya.

PT Istaka Karya sendiri tetap melanjutkan pengerjaan proyek tersebut, termasuk untuk jalan yang sempat ditutup, sudah dibuka Selasa (23/7/2019) malam. Untuk pengamanan lokasi longsornya galian underpass sudah melakukan pengamanan dengan menimbunnya.

Termasuk untuk jalan yang tadinya dua jalur dipersempit menjadi satu jalur. Sehingga hanya kendaraan kecil yang bisa masuk untuk kendaraan besar tidak bisa. “Itulah upaya pengamanan kami,” terangnya.

Dari pantauan untuk arus lalu-lintas di sekitar lokasi jatuh tergulingnya truk dan Jeep sudah lancar dan tidak ada antrian panjang saat lampu lalu-lintas merah. Untuk lokasi kejadian masih dipasang garis polisi.

 

Sumber; sindonews.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *