Menikmati Kelezatan Mie Tek Tek Khas Sibolga di Medan

Medan memang banyak memiliki tempat kuliner khas dari berbagai daerah di Umatera Utara. Terutamanya, Mie Tek Tek khas Sibolga yang terletak di Jalan Halat, Kota Medan.

 

Nama tempatnya Mie Tek Tek Boreg, yang diambli dari nama pemiliknya Boru Regar. Nah di tempat ini anda bisa menikmati kelezatan Mie Tek Tek khas Sibolga, yang juga merupakan kuliner tradisional.

 

Menurut ceritanya, nama menu atau makanan Mie Tek Tek Khas Sibolga sendiri berasal dari masyarakat Sibolga. Pada zaman dahulu sekitar tahun 1980-an di Sibolga, ada pedagang Mie keliling dengan menggunakan gerobak sorong.

Lalu, berjualan Mie berkeliling di daerah Sibolga dengan mengetok-ngetok kuali pakai serokan atau sutil. Ada juga mengetok-ngetok kayu gerobak tersebut, sambil berkeliling menjual Mie. Kemudian, masyarakat pun menamakannya Mie Tek Tek, karena suara ketukan gerobak atau kulai si penjual setiap kali berjualan keliling.

 

Bahan Mie Tek Tek sendiri merupakan Mie buatan sendiri yang berbahan dasar tepung, dan air serta air abu. Kemudian Mie tersebut dimasak dengan rempah-rempah khas Sibolga, telur ayam dan bagi yang suka seefood maka ditambah seefood. Selanjutnya jadilah satu hidangan atau satu porsi Mie Tek Tek khas Sibolga.

 

Ada lagi yang membuat ciri khas dari Mie Tek Tek Sibolga ini yaitu cabai merahnya yang digiling dan sangat pedas. Cabai tersebut ditaburi di atas Mie Tek Tek yang sudah siap disantap.

 

Mie Tek Tek Sibolga di Kota Medan dibandrol harga Rp 9 ribuan untuk yang kering. Namun untuk Mie Tek Tek yang kuah atau basah dibandrol dengan harga Rp 10 ribuan. Untuk varian Seefood dibandrol dengan harga Rp 16 ribuan.

 

Namun, berbeda harga dengan Mie Tek Tek Sibolga yang dijual di daerah Sibolganya. Kalau di Sibolga Mie Tek Tek ini dijyak Rp 7 ribuan sampai Rp 8ribuan, jika tak pakai tekur harganya bisa mencapai Rp 5 ribuan.

 

Nah, jika anda ingin mencicipi Mie Tek Tek khas Sibolga, bisa langsung mengunjung Mie Tek Tek Boreng khas Sibolga di Jalan Halat Kota Medan. Setiap hari buka dari pukul 07.00 WIB sampai pukul 24.00 WIB.

 

Mie Tek Tek Boreg khas Sibolga ini pun di Sibolga, merupakan Mie Tek Tek legendaris yang sudah ada semenjak tahun 1983 . Ada empat cabang Mie Tek Tek Boreg khas Sibolga untuk di daerah Sibolga saja.

 

Yakni Mie Tek Tek Borreg Simpang Aido, cabang Simpang PHR Sambas, Borreg Cafe Pandan, Mie Tek Tek Boreg Pasar Baru daerah Sibolga.

 

Artikel ini telah tayang di tribun-medan.com dengan judul Menikmati Kelezatan Mie Tek Tek Khas Sibolga di Medan,
Penulis: Aqmarul Akhyar
Editor: Feriansyah Nasution

Author: Team Enmoido

Leave a Reply