Menhub : 12 Dermaga akan Dibangun di Kawasan Danau Toba

Pemerintah Pusat begitu gencarnya menggenjot kemajuan pariwisata di sekitaran Danau Toba.

Ini untuk mewujudkan pariwisata kelas dunia super prioritas yang tiada duanya di Indonesia bahkan dunia.

Salah satunya dengan dilakukan peresmian Toba Caldera Resort di Pardamean Sibisa, Kecamatan Ajibata, Kabupaten Toba Samosir (Tobasa), Senin (14/10/2019).

Dalam arahan Menteri Perhubungan (Menhub), Budi Karya Sumadi menuturkan, seluruh Kabinet mendapat satu arahan dari Presiden Republik Indonesia dalam upaya memajukan 5 pariwisata prioritas. Salah satunya pariwisata kawasan Danau Toba, bentukan Kaldera Gunung Berapi.

“Salah satu upaya yang telah dilakukan seperti pembangunan Bandara Sibisa, dekat dengan Caldera Resort serta Bandara Internasional Sibisa. Ini memudahkan wisatawan menempuh pariwisata kita,” ujar Budi Karya

Menhub menuturkan, atas instruksi Presiden dan arahan Menko Kemaritiman, Luhut Binsar Panjaitan, pihaknya akan membangun 12 Dermaga di kawasan Danau Toba.

Seperti Dermaga, Ajibata, Ambarita, Simanindo, Onanrunggu, Tigaras, Muara, Balige, Porsea, Tongging, Sipinggan, Batu Toruan dan Silalahi.

“Demikian juga dengan armada darat akan kita benahi. Untuk tahap pertama, kita akan membangun 2 bus wisata yang dapat memuat 100 orang penumpang. Untuk diketahui Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mendapat anggaran sebesar Rp 1, 06 triliun. (asri)

Author: Team Enmoido

Leave a Reply