Kemenhub Kaji Jalur Khusus Buat Angkutan Logistik

adminenmoido

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengkaji pengadaan jalur khusus untuk angkutan logistik guna mengantisipasi kemacetan di sejumlah titik simpul kawasan industri di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek).

Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan (Kemenhub) Budi Setyadi mengatakan, pihaknya menerima keluhan dari asosiasi logistik mengenai kemacetan di Jabodetabek yang membuat biaya logistik tidak efisien.

“Kalau saya lihat dari asosiasi logistik kendaraan barang mereka butuh semacam kemudahan. Karena pada saat situasi seperti sekarang ini tidak lebaran dan sebagainya itu kan pergerakan ekonomi harus lebih cepat,” lanjutnya.

Saat ini pihaknya tengah melakukan survey mengenai konektivitas antar kawasan industri.

“Ternyata antara kawasan industri itu tidak ada akses yang khusus. Mereka menggunakan jalan tol. Ini kemudian menjadi tidak efisien,” ucap Budi.

Budi menambahkan, setelah proses kajian dan survey dilakukan, pihaknya akan berdialog dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk terkait penyediaan jalur khusus bagi angkutan logisitik itu. Nantinya, jalur khusus ini bisa dibuat di luar jalan tol.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Kemenhub Kaji Jalur Khusus Buat Angkutan Logistik,
Penulis: Ria anatasia
Editor: Choirul Arifin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *