Jelajah Alam Bebas Lihat Hewan Liar ala Afrika, Ini 3 Kegiatan Serunya

Jelajah Alam Bebas Lihat Hewan Liar ala Afrika, Ini 3 Kegiatan Serunya.

Melihat binatang di alam bebas bukan hanya milik kawasan alam hutan Afrika. Ada lahan hutan Kesatuan Pengelolaan Hutan Konservasi (KPHK) Barumun, Padang Lawas, di Sumatera Utara, yang juga memiliki memiliki konsep wisata yang serupa.

Apa aja yang bisa Anda lakukan di lahan hutan luas untuk wisata eksklusif bagi wisatawan dan turis yang lakukan konservasi ini:

 

1. Melihat Gajah di Alam Bebas

Melihat sekumpulan gajah di alam bebas. (Suara.com/Silfa Humairah)
Melihat sekumpulan gajah di alam bebas. (Suara.com/Silfa Humairah)

 

Binatang yang berada di alam bebas ini ada area khusus gajah dan harimau Sumatra. Di padang savana tepatnya di tengah parit buatan, pengunjung dari perbukitan dengan leluasan melihat gajah yang sedang bermain.

Di sini gajah dan harimau diberikan penanganan khusus dengan pengawasan 24 jam untuk keamanan turis atau wisatawan yang datang.

Pasalnya, jauh dari kota, turis atau wisatawan mengunjungi Hutan KPHK Barumun harus didampingi. Lahan pengawas atau petugas menawarkan kegiatan melihat gajah dari dekat, memberi makan, hingga berfoto. Namun, harus dengan dampingan petugas, karena luas lahan ini sendiri kurang lebih 36.261 hektare.

Jadi untuk keselamatan saat berada di tengah hutan, yang cukup banyak hewan liar, pengunjung yang berkeliling dengan mobil tanpa atap tersebut selalu didampingi dan ditunjukkan lokasi mengagumkan di area lahan KPHK tersebut.

Kehidupan gajah di KPHK Barumun terbilang cukup bebas dan terawat. Selain tersedia makanan berupa tebu yang ditanam sekian hektare khusus untuk makanan gajah, ada alam bebas yang juga dipenuhi pepohonan asri dan danau buatan yang cukup aman untuk gajah.

 

2. Melihat Keindahan Danau Tasih

 

Pengunjung berfoto di pinggir Danau Tasik. (Suara.com/Silfa Humairah)
Pengunjung berfoto di pinggir Danau Tasik. (Suara.com/Silfa Humairah)

 

Danau Tasik jadi daya tarik bagi wisatawan dan turis yang berkunjung ke Kawasan Suaka Marga Satwa Barumun di Padang Lawas Utara, Sumatera Utara.

Danau itu merupakan danau buatan. Luasnya 23 hektare. Kalau musim kemarau airnya surut. Tapi, danau itu tampak sangat luas bila waktu memasuki musim hujan.

Sering kali pengunjung bisa gunakan getek atau sampan untuk menyeberang ke area kawasan hutan yang berada di seberangnya untuk menghemat waktu keliling hutan yang luas ini.

 

3. Pemandangan Perbukitan Bikin Damai

 

Wisatawan mendokumentasikan keindahan alam perbukitan di lahan KPHK Barumun. (Suara.com/Silfa Humairah)
Wisatawan mendokumentasikan keindahan alam perbukitan di lahan KPHK Barumun. (Suara.com/Silfa Humairah)

 

Bukan cuma konservasi, wisatawan dan turis yang mengunjungi kawasan lahan hutan Kesatuan Pengelolaan Hutan Konservasi (KPHK) Barumun, Padang Lawas, Sumatera Utara ini juga akan terpukau dengan alam perbukitannya yang berada di dalam hutan.

Saat memasuki lahan hutan mengendarai mobil khusus, bergumul dengan jalan tanah bebatuan hingga pohon rimbun serta pohon besar cukup membuat perjalanan panjang kian terasa.

Namun, saat berada di tengah hutan, ada lahan yang cukup luas dengan pemandangan perbukitan dan danau membuat damai hati saat melihatnya.

Duduk sejenak untuk beristirahat atau menjepret keindahan tersebut sebelum kembali menelusuri hutan, menjadi kegiatan yang berkesan tentunya saat berada di sana.

Kenapa lahan ini cukup spesial dan luas, karena berada di empat kabupaten yakni Padang Lawas, Padang Lawas Utara, Mandailing Natal dan Tapanuli.

Wow, dimana lagi konservasi dan jelajah hutan seluas dan seindah ini mirip liburan jelajah alam bebas hewan liar di Afrika. Yuk ke hutan Kesatuan Pengelolaan Hutan Konservasi (KPHK) Barumun, Padang Lawas, Sumatera Utara.

Author: Team Enmoido

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *