Dishub Kumpulkan Perusahaan Angkutan Barang, Urip: Sebulan Diingatkan Besok Langsung Tindak!

adminenmoido

Kecelakaan yang mengakibatkan fatalitas tinggi seringkali melibatkan kendaraan angkutan barang. Di Balikpapan sekitar 50 perwakilan perusahaan angkutan barang berkumpul di aula kantor Kecamatan Balikpapan Utara, Kamis (25/7/2019).

Mereka diberikan sosialisasi angkutan barang dan angkutan khusus oleh Dinas Perhubungan kota Balikpapan 2019.

Kasi Angkutan Barang Umum dan Khusus Urip Hartono mengungkapkan sosialisasi tersebut dalam rangka meningkatkan keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas akibat kendaraan angkutan barang yang over dimension dan over loading (ODOL) serta tertib administrasi perizinan angkutan barang di Balikpapan.

Belakangan diketahui sosialisasi kepada perusahaan yang memiliki angkutan barang atau khusus sudah digelar sejak sebulan yang lalu. Berdasarkan kesepakatan dari Kementerian Perhubungan yang melibatkan seluruh BPTD daerah termasuk BPTD wilayah VII Kaltim-Kaltara, dilengkapi dengan rapat koordinasi dengan instansi terkait sepakat, bakal melakukan penertiban yang difokuskan sasarannya kepada kendaraan ODOL.

“Selama 30 hari sebelum penertiban, wajib melakukan sosialiasi. Batas waktu tanggal 25 Juli ini, menurut ketentuan setelah sosialisasi, sejak 26 Juli besok sudah mulai kita penertiban baik dari angkutan barang luar daerah maupun yang ada di Balikpapan,” ungkap Kasi Angkutan Barang Umum dan Khusus Urip Hartono.

Lebih lanjut, Kasi Angkutan Barang Umum dan Khusus Urip Hartono menyebut target sasaran mereka di kawasan Pelabuhan Kariangau dan Pelabuhan Semayang Balikpapan.

“Sudah berjalan satu bulan. Upaya mengingatkan dulu ke kalangan pengusaha. Kalau masih melanggar kita tindak. Besok sudah berjalan penindakan,” tegas Kasi Angkutan Barang Umum dan Khusus Urip Hartono.

Sementara, Jarot Padmono Penguji Kendaraan Bermotor Dishub Balikpapan selaku pembicara menjelaskan over dimensi adalah suatu kondisi dimana dimensi kendaraan tidak sesuai standar produksi pabrik.

Suasana sosialisasi angkutan barang dan angkutan khusus oleh Dinas Perhubungan kota Balikpapan 2019 di aula kantor Kecamatan Balikpapan Utara, Kamis (25/7/2019).
Suasana sosialisasi angkutan barang dan angkutan khusus oleh Dinas Perhubungan kota Balikpapan 2019 di aula kantor Kecamatan Balikpapan Utara, Kamis (25/7/2019). (Tribunkaltim.co, Muhammad Fachri Ramadhani)

Artikel ini telah tayang di tribunkaltim.co dengan judul Dishub Kumpulkan Perusahaan Angkutan Barang, Urip: Sebulan Diingatkan Besok Langsung Tindak!,
Penulis: Muhammad Fachri Ramadhani
Editor: Mathias Masan Ola

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *