Cara Pesan Tiket Kapal Ferry Secara Online

Penumpang transportasi laut kapal Ferry, kini bisa melakukan pemesanan secara online melalui aplikasi “Ferizy”.

Aplikasi ini baru saja diluncurkan Sabtu (25/7/2020) di Pelabuhan Eksekutif Merak, Banten.

Pandemi Covid-19 membuat era digital berjalan lebih cepat dari yang seharusnya. Semua orang yang bepergian menggunakan kapal Ferry bisa mengakses reservasi tiket online Ferizy melalui website dan aplikasi di smartphone-nya.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio yang turut hadir dalam peluncuran Ferizy mengatakan, konektivitas merupakan salah satu faktor pendukung utama dalam pengembangan parekraf di Indonesia.

Lanjutnya, Ferizy yang dapat diakses melalui website dan aplikasi di smartphone ini menjadi jawaban atas harapan masyarakat untuk mempercepat dan mempermudah pelayanan reservasi tiket.

“Saya meyakini ke depan, dengan terakselerasinya era digital yang lebih cepat selama masa pandemi COVID-19, tren pembelian tiket via online ini akan terus meningkat seiring gaya hidup masyarakat di era kenormalan baru,” kata Wishnutama, seperti dikutip rilis yang diterima Kompas.com.

Berikut cara pesan tiket kapal Ferry secara online via Ferizy.

Melalui website

  1. Calon penumpang bisa mengakses Ferizy lewat website tiket.indonesiaferry.co.id
  2. Calon penumpang akan menemui halaman pertama dengan tampilan Cari Tiket Kapal Anda
  3. Calon penumpang bisa membuat akun terlebih dahulu
  4. Calon penumpang mengisi data yang ditanyakan seperti asal keberangkatan atau pelabuhan asal, tujuan pelabuhan, jenis pengguna jasa, layanan, golongan kendaraan, estimasi waktu keberangkatan dan jumlah penumpang
  5. Setelah selesai mengisi, klik “pesan & cari jadwal”
  6. Calon penumpang akan mendapatkan jadwal keberangkatan, rincian tiket hingga harga
  7. Jika sudah sesuai dengan jadwal yang diinginkan, calon penumpang bisa klik “Pesan Tiket” untuk memesan tiket secara online

Melalui aplikasi

  1. Calon penumpang mengunduh aplikasi Ferizy melalui Play Store atau App Store
  2. Calon penumpang membuat akun terlebih dahulu
  3. Calon penumpang akan melihat tampilan awal yang menanyakan data penumpang seperti pelabuhan asal hingga jumlah penumpang
  4. Calon penumpang mengisi data yang diminta dengan benar
  5. Pilih tanda kaca pembesar untuk mencari tiket kapal
  6. Calon penumpang akan melihat tampilan daftar kapal, tiket yang tersedia, kuota penumpang yang tersisa, hingga harga tiket
  7. Pilih “Pesan” untuk jadwal keberangkatan kapal yang diinginkan
Reservasi tiket online kapal Ferry dengan menggunakan Ferizy.

© Disediakan oleh Kompas.com Reservasi tiket online kapal Ferry dengan menggunakan Ferizy.Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, kehadiran layanan Ferizy akan memudahkan layanan bagi masyarakat dan wisatawan.

Kementerian Perhubungan berencana akan menghibahkan pengelolaan 20 terminal di Danau Toba kepada ASDP selaku perusahaan pengelola kapal Ferry.

“Kehadiran Ferizy menjadi satu langkah maju ke depan untuk dapat diterapkan, yang juga diharapkan akan memberikan kemudahan dalam memberikan layanan serta pembelajaran bagi masyarakat dan wisatawan,” ujar Budi.

Hadir juga Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir menerangkan, kehadiran tiga menteri dalam peluncuran Ferizy bukan sekadar hal seremonial melainkan penggambaran komitmen pemerintah dalam memudahkan dan melayani masyarakat dengan baik.

“Dalam hal ini ASDP melalui Ferizy telah mencerminkan dua hal tersebut, bahwa pelayanan publik harus diutamakan,” terang Erick.

Direktur Utama PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Ira Puspadewi mengungkapkan, layanan tiket online Ferizy merupakan salah satu transformasi digital yang dilakukan ASDP sebagai wujud peningkatan layanan BUMN dalam kemudahan dan kenyamanan masyarakat.

Adapun website dan aplikasi Ferizy yang dibuat ASDP juga bekerja sama dengan PT Telkom Indonesia.

“Antrean menjadi salah satu tantangan yang dihadapi ASDP, terlebih di saat momentum puncak seperti hari raya. Kehadiran Ferizy yang dapat dipesan dari 60 hari sebelum keberangkatan diharapkan bisa mempermudah masyarakat,” kata Ira.

Sebelumnya, tiket online Ferizy sudah diterapkan sejak 1 Mei 2020 di empat pelabuhan utama ASDP yakni Merak, Bakauheni, Ketapang, dan Gilimanuk.

sumber: kompas.com

0 0
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
adminenmoido
Author: adminenmoido

Leave a Reply

X