Arsitektur Rumah Sempit dengan Lebar 3,5 Meter yang Unik dan Kreatif

adminenmoido

Kerap kali muncul angan-angan memiliki rumah besar yang mampu memuat segala hal yang dibutuhkan. Namun, tren hunian mungil di lahan terbatas dewasa kini, memunculkan perkembangan desain yang memaksimalkan ruang yang tersedia. Tentu menjadi hal yang lumrah saat ini. Dengan kelihaian dan kecermatan desain, lahan sesempit apapun tetap bisa disulap menjadi desain rumah mungil yang bikin betah.

Contohnya saja arsitektur rumah sempit yang bisa Anda simak kali ini. Adalah hunian dengan lebar 3,5 meter saja. Di saat orang lain kebingungan menentukan layout dan mengatur pembagian ruangnya, desain rumah minimalis ini justru tampil memukau dengan segala kesederhanaannya.

Rumah Tinggal dengan Lebar 3,5 Meter dan Panjang 17 Meter© Disediakan oleh Arsitag

Ago Architects // design-milk.com

Rumah ini dirancang oleh Ago Architects untuk sebuah keluarga muda. Terdiri dari seorang suami yang berprofesi sebagai arsitek, beserta istrinya dan satu orang anak. Keluarga ini memilih untuk fokus pada hal-hal yang mereka butuhkan, alih-alih sekadar menuruti keinginan. Karena itulah, desain yang simpel ini menjadi pilihan.

Bangunan dengan luas 100 meter persegi ini terbagi atas sebuah kamar tidur utama di lantai dasar, beserta dapur, ruang tamu, dan ruang makan di lantai satu. Sementara itu, lantai dua dimaksimalkan oleh keluarga ini sebagai area khusus untuk putra mereka. Di bagian rooftop, penghuni rumah maupun para tamu dapat menikmati pemandangan apik kawasan Jakarta Selatan sebagai view.

Simpel Mulai dari Eksteriornya© Disediakan oleh Arsitag

Ago Architects // design-milk.com

Kesederhanaan desain sudah bisa Anda lihat dari bagian depan bangunan. Dibanding dengan bangunan di sekitar, desain rumah ini tampak unik dengan bagian luar yang menampilkan material besi dan polikarbonat. Di bagian lantai dua, ada lapisan penutup yang mencegah cahaya matahari langsung masuk, namun tetap menjadi sumber cahaya alami utama.

Pembagian tempat yang sedikit unik ini dilakukan untuk menekan biaya. Di sisi lain, penggunaan material yang berbiaya rendah juga tetap dilakukan selama proses pembangunan. Meski begitu, hal demikian sama sekali tidak menghilangkan kesan estetik dari hunian ini.

Rumah Industrial Minimalis yang Nyaman© Disediakan oleh Arsitag

Ago Architects // design-milk.com

Desain rumah minimalis di kawasan Jakarta Selatan ini hadir dengan sentuhan industrial. Dapat dilihat dari penggunaan material besi yang ditemukan di berbagai sudut. Di sisi lain, dinding beton yang hanya diplester tanpa cat, semakin mempertegas kesan industrial yang ada.

© Disediakan oleh Arsitag

Ago Architects // design-milk.com

Agar tidak “mati” atau berkesan membosankan, sentuhan alami dari material kayu hadir melengkapi berbagai bagian dari rumah. Mulai dari struktur bangunan hingga perabotan yang digunakan. Sofa-sofa empuk dengan warna senada dinding, menjadi tempat yang nyaman bagi seluruh penghuni rumah untuk santai bersama.

Memaksimalkan Ruang dengan Cermat© Disediakan oleh Arsitag

Ago Architects // design-milk.com

Karena bentuknya yang memanjang, desainer perlu lebih jeli dalam membagi masing-masing ruangan. Contoh cerdas yang diaplikasikan adalah penggunaan konsep loft di kamar tidur anaknya. Tempat tidur diletakkan di bagian atas, sementara bagian bawah yang kosong bisa dimaksimalkan untuk kebutuhan lain.

© Disediakan oleh Arsitag

Ago Architects // design-milk.com

Kamar tidur utama memanfaatkan bentuk ruang yang memanjang dan sang desainer memilih untuk membaginya menjadi beberapa zona. Meskipun terdiri dari satu ruangan, Anda tetap bisa merasakan bahwa masing-masing area di dalamnya memiliki fungsi masing-masing.

Lahan yang terbatas kini menjadi masalah yang umum dihadapi di perkotaan. Karena itu, perlu kreativitas dalam desain dan penataan yang tepat, agar hunian yang dibangun tetap nyaman dan fungsional. Jika Anda memiliki lahan sempit, desain rumah unik satu ini bisa jadi inspirasi yang menarik untuk ditiru.

sumber: msn.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *