8 Manfaat Ginseng untuk Kesehatan, Apa Saja?

Dari meredakan stres hingga mencegah ejakulasi dini, ginseng ternyata memiliki segudang manfaat

Ilustrasi.

© Disediakan oleh Kompas.com Ilustrasi.

Ginseng adalah salah satu tanaman herbal yang memiliki banyak manfaat. Jenis akar tanaman berwarna merah atau putih ini sudah lama dimanfaatkan sebagai obat herbal dalam pengobatan tradisional.

Dua jenis ginseng yang umum ditemukan, yaitu ginseng Amerika (Panax quinquefolius) dan ginseng Korea atau Asia (Panax ginseng).

Meski berbeda, secara umum kedua ginseng ini memiliki kandungan zat aktif yang sama, yakni ginsenosida dan gintonin. Kedua kandungan zat tersebut yang dipercaya menawarkan berbagai manfaat ginseng untuk kesehatan.

Sederet manfaat yang bisa kita dapatkan apabila mengonsumsi ginseng, antara lain:

1. Mengurangi peradangan

Salah satu manfaat ginseng untuk kesehatan adalah membantu mengurangi peradangan. Hal ini berkat kandungan antiperadangan yang terdapat pada senyawa ginsenosida dalam ginseng.

Berdasarkan hasil studi yang dipublikasikan oleh Journal of Translational Medicine, senyawa tersebut memiliki efek positif dalam meningkatkan kekebalan tubuh sehingga mengurangi peradangan.

2. Meredakan stres

Ginseng dapat memengaruhi sistem saraf tubuh dalam berbagai cara, seperti merangsang metabolisme dan meningkatkan tingkat energi. Hal ini mungkin berkat peran senyawa adaptogen dalam ginseng.

Adaptogen dalam ginseng dapat mengganggu kadar hormon yang dihasilkan tubuh saat stres. Akibatnya, ginseng bisa menurunkan kadar hormon stres dalam tubuh dan membantu menciptakan suasana hati yang lebih baik.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Ginseng memiliki kandungan antialergi, antimikroba, dan antioksidan yang berfungsi untuk melindungi tubuh dalam melawan berbagai infeksi mikroba dan bakteri.

Tanaman herbal ini bahkan dipercaya dapat meningkatkan efek vaksinasi terhadap berbagai jenis penyakit, seperti influenza, virus hepatitis C, respiratory syncytial virus (RSV), dan rotavirus.

4. Mencegah ejakulasi dini

Ginseng juga memiliki manfaat dalam hal seksualitas pria, salah satunya dalam mencegah ejakulasi dini.

Caranya, dengan membersihkan penis dan mengoleskan krim yang mengandung ginseng pada permukaan penis satu jam sebelum melakukan hubungan seksual guna mencegah ejakulasi dini.

5. Mencegah penuaan dini

Ginseng juga memiliki manfaat dalam mencegah penuaan dini. Kandungan antioksidan di dalam ginseng dapat membantu mengurangi tanda-tanda penuaan dan mencegah efek negatif dari radikal bebas dalam tubuh yang dapat merusak sel-sel sehat.

Selain itu, ginseng juga mampu merangsang aliran darah ke seluruh tubuh, termasuk ke dalam sel-sel kulit tubuh. Manfaat ginseng ini yang membantu membuat kulit tampak lebih awet muda dan lembap.

6. Meningkatkan fungsi kognitif

Manfaat ginseng lainnya adalah meningkatkan kemampuan berpikir atau fungsi kognitif. Sebuah penelitian yang diterbitkan oleh The Cochrane Library mengemukakan manfaat ginseng untuk fungsi kognitif, perilaku, dan kualitas hidup.

Selain itu, pada beberapa hasil penelitian lainnya menunjukkan bahwa ginseng memiliki efek positif pada fungsi otak dan perilaku pada penderita Alzheimer.

7. Menurunkan kadar gula darah

Ginseng memiliki manfaat yang baik bagi penderita diabetes. Pasalnya, ginseng berpotensi dapat membantu menurunkan kadar gula darah. Tanaman herbal ini dapat membantu mengatur penyerapan glukosa dalam tubuh.

Hal tersebut berkat kandungan ginsenosida yang bekerja dengan memengaruhi produksi insulin dalam pankreas dan meningkatkan resistensi insulin.

Kemudian, pada hasil studi lainnya disebutkan bahwa ekstrak ginseng dapat membantu memberikan perlindungan antioksidan sehingga mengurangi radikal bebas dalam sel-sel tubuh penderita diabetes.

8. Melawan sel-sel kanker

Ginseng juga disebut membantu mengurangi risiko munculnya berbagai jenis penyakit kanker. Ginsenosida yang terkandung di dalam ginseng memiliki khasiat untuk mengurangi peradangan dan antioksidan yang melawan radikal bebas dalam tubuh.

Ginsenosida pada ginseng juga bermanfaat dalam mencegah pertumbuhan sel-sel kanker. Sebuah hasil penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi ginseng mengalami penurunan risiko kanker sebanyak 16 persen.

Berbagai jenis penyakit kanker yang dimaksud, antara lain kanker mulut, kanker esofagus, kanker perut, kanker usus besar, kanker hati, dan kanker paru-paru.

Selain itu, manfaat ginseng untuk kanker lainnya adalah meningkatkan kesehatan pada penderita kanker yang tengah menjalani pengobatan kemoterapi, mengurangi efek samping, dan meningkatkan efek positif dari pengobatan kanker.

Mendapatkan ginseng

Walau banyak manfaatnya, banyak orang masih belum tahu di mana membeli ginseng. Tentu kita tidak harus ke Korea, karena produk ginseng sudah banyak dijual di berbagai toko dan supermarket di Indonesia. Bahkan secara online, seperti di iLOTTE.com.

Produk baru dari Korea berupa teh ginseng yang bernama Korean Red Ginseng Tea bisa dibeli di situs belanja tersebut. Teh ginseng ini diklaim memiliki manfaat sebagai agen detoksifikasi dan perbaikan kulit.

Korean Red Ginseng Tea yang terbuat dari saripati murni ginseng merah Korea berusia 6 tahun ini ini memiliki setidaknya 7 khasiat utama yang berguna bagi kesehatan tubuh seperti perbaikan sirkulasi darah, peningkatan stamina, perkuat fungsi jantung dan daya ingat, hingga mencegah serta menyembuhkan diabetes.

Selain ginseng, iLOTTE.com juga menghadirkan berbagai produk skincare dan perawatan tubuh dari berbagai brand, termasuk Korea, seperti The Saem, SK-II, Laneige, Elshe Skin, dan PyunkangYul.

Penjualan produk-produk perawatan ini memang melesat di masa new normal dibanding bulan sebelumnya. Hal ini terlihat dari hasil pencarian produk kecantikan mengalami peningkatan menurut data internal.

Oleh karena itu, iLOTTE.com menggelar kampanye Get Your #BeautyGoals yang menghadirkan berbagai produk makeup dan skincare dengan diskon hingga 86%.

iLOTTE.com juga menghadirkan promo Untung Pantang Buntung yang memberi potongan harga langsung sebanyak Rp 150.000, super cashback, gratis ongkir, hingga belanja gratis kebutuhan harian.

“Salah satu program sorotan di bulan ini adalah belanja gratis yang diadakan setiap minggu untuk kategori produk groceries. Lewat program ini, masyarakat bisa mendapatkan kebutuhan harian secara cuma – cuma,” ujar Ardi Sudarto, Chief Marketing Officer iLOTTE.com.

iLOTTE.com bekerjasama dengan berbagai partner di bulan Juli ini, memberikan tambahan potongan harga untuk pelanggan yang menggunakan BCA, BNI, Mandiri, CIMB Niaga, Permata, Standard Chartered, Maybank, Digibank by DBS, OCBC NISP, serta Telkomsel, Traveloka, Grab, dan Gopay.

sumber: Kompas.com

0 0
Happy
Happy
0 %
Sad
Sad
0 %
Excited
Excited
0 %
Sleppy
Sleppy
0 %
Angry
Angry
0 %
Surprise
Surprise
0 %
adminenmoido
Author: adminenmoido

Leave a Reply

X